Minggu, 09 Oktober 2011

Silsilah Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam

       Berdasarkan Hadits Shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari dan telah disepakati oleh para ulama, silsilah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah,  Beliau adalah Muhammad Ibn Abdullah Ibn Abdul Muthalib Ibn Hasyim Ibn Abdu Manaf Ibn Qushay Ibn Kilab Ibn Murrah Ibn Ka’ab Ibn Luay Ibn Ghalib Ibn Fahr Ibn Malik Ibn Nadhar Ibn Kinanah Ibn Khuzaimah Ibn Mudrikah Ibn Ilyas Ibn Mudhar Ibn Nazar Ibn Ma’ad Ibn Adnan. 

       Sedangkan paman-paman beliau dari pihak ibu berasal dari keturunan Bani Zahrah. Nasab ayah dan ibu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertemu pada Kilab ibn Murrah.

       Allah berkehendak agar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terlahir dari nasab terbaik dan berasal dari suku yang paling mulia di muka bumi ini. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Sesungguhnya Allah telah memilih keturunan Bani Kinanah dari keturunan Bani Ismail, memilih suku Quraisy dari keturunan Bani Kinanah dan telah memilih Keturunan Bani Hasyim dari keturunan Bangsa Quraisy, dan Allah telah memilihku dari keturunan Bani Hasyim.”
       Itulah nasab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Adapun hikmah pemilihan nasab Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  adalah :

    Pertama, Masyarakat Arab hanya mau mendengarkan pendapat dari orang-orang yang memiliki silsilah yang terhormat diantara mereka.
    Kedua, Agar tidak ada prasangka bahwa ajaran yang di bawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hanya sekedar untuk mengubah status sosialnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar